Guru yang professional haruslah memiliki administrasi yang lengkap.Susunan administrasi yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru adalah Cover (sampul), Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar, Penentuan Kriteria Keteuntasan Minimal (KKM), Kalender Pendidikan, Program Tahunan, Program Semester, Pembagian Minggu Efektif, Rencana Program Pembelajaran, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selain itu juga memenuhi aspek pelaksanaan diantaranya pelaksanaan Program Pembelajaran, daftar Hadir Siswa, agenda Pembelajaran, agenda Guru, catatan Kasus dan bimbingan Belajar Siswa. Terkait evaluasi meliputi, kisi-Kisi Soal Evaluasi, validasi Kisi-kisi Soal, lembar Penilaian, daftar nilai. Terkait analisa meliputi analisis Butir Soal, analisis Hasil Evaluasi dan analisis Daya Serap. Terkait perbaikan dan pengayaan meliputi program Perbaikan dan Pengayaan serta daftar Hadir Perbaikan dan Pengayaan. Dibawah ini merupakan file yang bisa langsung di download
[ Bimbingan-Konseling ]
- Comprehensive Guidance and Counseling Program Evaluation
- School Counselor and Principals
- Programs Use of Guidance Curricula Materials
- Evolution of Accountability
- Counselors Role in a Changing
- Background of the School Counseling Profession
- Konseling di Sekolah: Konsep dan Praktik
- Draft Standar Kompetensi Konselor
- Pengadministrasian Bimbingan dan Konseling di Sekolah
- Rubrik Penilaian Portofolio Guru Bimbingan dan Konseling (Konselor)
- Format Penilaian Sertifikasi Guru BK/Konselor
- Alat Ungkap Masalah Siswa SMA
- Permendiknas No.27. Th 2008 tentang Kualifikasi & Kompetensi Konselor
- Arah dan Perspektif Baru Bimbingan dan Konseling
- Konsep Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling
- Penanganan Kasus
- Teknik Konseling Behavioristik
- Teknik Konseling Trait and Factor
- Teknik Konseling Gestalt
- Teknik Konseling Psikoanalisis
- Teknik Konseling Psikodinamika
- Teknik Konseling Rational- Emotif
- Lembar Pengamatan Proses Konseling
[ Seputar KTSP ]
- Buku Saku KTSP
- Konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi
- Manajemen Kurikulum
- Perbandingan Kurikulum 2004 dengan KTSP
- Analisis Konteks dalam Penyusunan KTSP
- Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan I
- Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan II
- Pengembangan Silabus
- Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
- Pengembangan Bahan Ajar
- Pengembangan Model Pembelajaran
- Perancangan Penilaian Hasil Belajar
- Pengembangan Bahan Ujian
- Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal
- Model Pengembangan Muatan Lokal
- Panduan Umum Pengembangan Silabus
- Rambu-Rambu Penyusunan RPP
- Contoh RPP Akuntanasi SMA
PENILAIAN PEMBELAJARAN
- Penilaian Hasil Belajar
- Model Pengembangan Penilaian Portofolio
- Tabel Tingkat Kompetensi dan Kata Kerja Operasional
- Tabel Kata Kerja Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotor
- Penilaian Psikomotor
- Penilaian Afektif
- Penetapan KKM
PEMBELAJARAN TEMATIK
- Konsep Pembelajaran Tematik
- Contoh Pemetaan Standar Kompetensi
- Contoh Jaringan Tema
- Contoh Silabus Tematik
- Contoh RPP Tematik I
ICE BREAK (GAME MULTI MEDIA)
- Aku Tidak Lebih Dulu Ke Surga
- Bagaimana Membuat Diri Anda Bahagia
- Biji Kopi
- Perilaku Masyarakat Negara Kaya
- Persepsi dan Paradigma Kita
- Program Memphoto Diri Anda
- Suami Ideal
- Sketsa Wajah Anda
- Aneka Ria Perkawinan
- Burung dengan Sebelah Sayap
- For Sons and Daughters
- The Pencil Parable
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Untuk Memahami Konsep PTK, silahkan baca tautan ini:
KONSEP PEMBELAJARAN
- Pergeseran Paradigma Pendidikan
- Revitalisasi MGMP
- Pengembangan Bahan Ajar
- Kegiatan Belajar Mengajar (KBM ) yang Efektif
- Belajar dan Pembelajaran
- Pembelajaran Kontekstual
- Pembelajaran Tematik
[ Manajemen Pendidikan ]
- Rencana Strategis Depdiknas
- Manajemen Berbasis Sekolah dan KTSP
- Rencana Pengembangan Sekolah
- Peran Strategis Komite Sekolah
- Konsep Sekolah Unggul
- Kepemimpinan Kepala Sekolah
- Manajemen Pengembangan Kurikulum
- Kebijakan Direktorat Pembinaan TK/SD
- Kebijakan Direktorat Pembinaan SMP
- Kebijakan Direktorat Pembinaan SMA
- Kebijakan Direktorat Pembinaan PUSKUR
- Kebijakan Direktorat Pembinaan BINDIKLAT
- Sistematika dan Format Program dan Laporan Pengawasan
- Kultur Sekolah
- Sekolah Berstandar Internasional
- Sekolah Berwawasan Keunggulan Lokal Kelautan
- Model Pengembangan Muatan Lokal”
- Kebijakan Akreditasi Sekolah
- Revitalisasi MGMP
- Standar Penyelenggaraan KKG/MGMP
- Pedoman Penyusunan Portofolio Sertifikasi Guru Tahun 2009 [Buku3]
- Suplemen Buku3 (Pengawas Satuan Pendidikan)
- Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas
- Kode Etik Guru
[ Instrumen Supervisi ]
- Instrumen Pengamatan Proses Konseling
- Instrumen Penyelenggaraan BK di SMP-SMA-SMK
- Instrumen Supervisi Akademik
- Instrumen Supervisi SKL di SMP
- Instrumen Pengukuran Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah
- Angket Kemampuan Manajemen Kepala Sekolah
- Angket Budaya Sekolah
- Instrumen Kinerja Sekolah Standar Nasional
- Instrumen Pengamatan Aktivitas Siswa dan Guru dalam PTK
- Instrumen Sertifikasi Guru BK
- Instrumen Uji Kompetensi Pengawas SD
- Instrumen Uji Kompetensi Pengawas SMP-SMA
- Instrumen Inventarisasi Kondisi Sekolah Kategori Mandiri/SSN
- Instrumen Supervisi Profil Sekolah Kategori Mandiri/SSN
- Lembar Pengamatan Kelas SSN-SKM
- Instrument Supervisi KTSP
- Instrumen Observasi Kelas
Instrumen Akreditasi SD-MI
- Permendiknas No. 11 Tahun 2009 tentang Akreditasi SD-MI
- Lampiran-1
- Isi lampiran-1
- Lampiran-2
- Isi lampiran-2
- Lampiran-3
- Isi lampiran-3
- Lampiran-4
Instrumen Akreditasi SMP-MTs
- Permendiknas No.12 Tahun 2009 tentang Akreditasi SMP-MTs
- Teknik Penskoran Pemeringkatan Akreditasi SMP dan MTs
- Petunjuk Instrumen Akreditasi
- Instrumen Akreditasi SMP-MTs
- Pengantar Petunjuk Teknik Pengisian Instrumen Akreditasi SMP-MTs
- Petunjuk Teknik Pengisian Instrumen Akreditasi SMP-MTs
- Petunjuk Instrumen Pengumpulan Data & Informasi Pendukung SMP-MTs
- Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung SMP-MTs
DOWNLOAD LAINNYA:
INSTRUMEN KINERJA SEKOLAH STANDAR NASIONAL